Perbedaan Jenis Koneksi Internet Tethering dan Modem

Baca Juga:

Perbedaan Jenis Koneksi Internet Tethering dan Modem - Halo sobat kalem tercinta dimanpun sobat berada, perlu kita ketahui bahwa sekarang ini hampir semua tipe smartphone sudah di lengkapi fitur tethering hotspot, Fungsinya adalah untuk membagi koneksi internet ke PC komputer, laptop smartphone laini, dan juga perangkat lainnya yang bisa memindai sinyal WiFi.

perbedaan modem dan tethering

Meskipun secara fungsi sama saja antara modem dan tethering smartphone, namun sebenarnya ada beberapa perbedaan mendasar koneksi internet di komputer ketika kita menggunakan sinyal modem dan WiFi tethering hotspot di smartphone berikut adalah penjelasannya.

Perbedaan Jenis Koneksi Internet Tethering dan Modem 

1. Kecepatan Download dan Upload

Kecepatan download koneksi data smartphone 3G di Indonesia rata rata lebih dari 21 Mbps Sedangkan di modem dengan spesifikasi kecepatan demikian tentunya harganya jauh lebih mahal. Rata rata modem yang digunakan pengguna saat ini memiliki kecepatan 3,6 dan 7,2 Mbps.
Jadi pada intinya untuk kecepatan download maksimal maka tethering menggunakan smartphone jauh lebih baik. Karena dipastikan kecepatan download yang disediakan jaringan bisa tercapai.


2. Tingkat Kestabilan Koneksi Data

Koneksi data di modem cenderung lebih stabil ketimbang menggunakan tethering smartphone, Jadi bagi sobat yang ingin tetap terkoneksi ke internet dengan jaringan yang stabil ada baiknya memilih untuk menggunakan modem.

3. Daya Panas

Baik smartphone maupun modem, keduanya akan sangat panas jika digunakan berlama lama terlebih jika koneksi jaringan yang kurang stabil, untuk modem sendiri panas yang di timbulkan secara langsung dapat merusak ketahanan port USB, Sedangkan panas di smartphone dapat menimbulkan kerusakan pada smartphone itu sendiri, meskipun jarang di temui kasus smartphone rusak karena sering untuk tethering hotspot.

4. Efisiensi dan Efektivitas

Untuk urusan efisiensi dan efektifiatas tentu saja tethering menggunakan smartphone jauh lebih unggul, karena dapat membuat kita nyaman berinternet tanpa harus membeli modem tentu ini menjadi keuntungan bagi kita karena nggak harus keluar duit lagi,  kelemahan untuk modem sendiri memiliki fitur yang terbatas, seperti hanya bisa melakukan SMS dan tidak bisa untuk melakukan panggilan.
Namun untuk penggunaan dalam durasi waktu yang lama sebaiknya memang menggunakan modem, Alasannya jika menggunakan smartphone, rasanya terlalu sayang jika hardware smartphone rusak karena penggunaan yang berlebihan. sekian dan terima kasih semoga bermanfaat.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

Saksikan Video Menarik di Bawah ini: