Exynos 9610, Senjata Samsung Melawan Snapdragon 660

Baca Juga:


Raksasa produsen elektronik asal Korea Selatan, Samsung, kabarnya sedang menggarap chipset kelas menengah terbarunya, Exynos 9610. Digadang-gadang, chipset ini akan menjadi pesaing dari Snapdragon 660 yang dibuat oleh Qualcomm yang juga sama-sama menempati kelas menengah.

Sebelumnya, sempat beredar rumor bahwa Samsung akan merilis chipset seri Exynos 9. Namun, produsen smartphone papan atas tersebut justru merilis Exynos 8895 yang disematkan ke dalam perangkat premium miliknya, yakni Galaxy S8.


Besar kemungkinan, Exynos 9610 yang saat ini sedang digarap adalah chipset yang masuk ke dalam seri Exynos 9. Memang timbul banyak pertanyaan, mengapa seri 9 menjadi chipset kelas menengah dan seri 8 justru disematkan untuk smartphone kelas atas.

Exynos 9610 bakal diproduksi dengan menggunakan proses LPP 14nm dan mengintegrasikan keseluruhan network baseband. Chipset ini sendiri dikemas terdiri dari empat core Cortex-A73 dan delapan core Cortex-A53. Untuk mendukung kinerja grafisnya, Exynos 9610 akan dibekali dengan GPU Mali-G72MP3 yang mirip GPU NVIDIA.

Pertanyaanya, kapan chipset kelas menengah milik Samsung ini akan dirilis? Masih dalam perkiraan, Exynos 9610 baru akan diluncurkan pada kuartal keempat tahun ini. Kemungkinan besar, Meizu akan menjadi pabrikan yang pertama kali mengadopsi chipset ini. (https://www.droidlime.com/)

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

Saksikan Video Menarik di Bawah ini: