Pengalaman 3 Hari Lepas dari Sandbox Google Begini Caranya

Baca Juga:

Pengalaman 3 Hari Lepas dari Sandbox Google Begini Caranya - Halo sobat blogger dimanapun sobat berada, kali ini saya akan share pengalaman pahit dalam dunia blogging yakni terkena sandbox alias deindex google dan alhamdulillah dalam waktu 3 hari setelah memahami dengan seksama kesalahan yang saya perbuat pada blog saya dan meminta peninjauan ulang (rekonsiderasi) akhirnya lepas juga dari jeratan sandbox yang bikin pening dan galaunya bukan main. haha.

cara mengatasi sandbox google

Dalam dunia blogging terdapat kode etik alias TOS yang harus kita patuhi apalagi kalo kita masih menggunakan blog gratisan atau pake hosting gratisan dari google yakni blogspot.com, kita musti patuh tunduk terhadap TOS (Term of Service) dari blogspot itu sendiri yang notabenenya aturan tersebut di buat oleh Google.

Sekali saja kita melanggar TOS baik itu disengaja ataupun tidak sengaja, maka sandbox alias deindex google akan menerpa blog kita, yang lebih parahnya lagi jika pelanggaran kita sudah akut maka google bisa saja mem banned permanen blog kita, susah susah bangun blog ngabisin waktu biaya dan tenaga eh malah kena banned gara gara melanggar seidkit TOS kan ga lucu.

Seperti yang pernah saya alami beberapa hari yang lalu, google memberikan suspended berupa sandbox alias deindex pada blog saya, apa sih sandbox itu? sandbox bisa diartikan sebagai warning sekaligus hukuman bagi blog yang melanggar TOS google, dampaknya artikel tidak muncul di SERP (search engine result page)/ hasil pencarian google, bahkan yang terparah keseluruhan blog bisa terkena deindex sehingga semua artikel hilang di pencarian google seperti yang saya alami.

Awalanya saya curiga dengan penurunan traffic 99% turun drastis yang saya monitoring dari Google Ananlytic dan Histast, meski koneksi lemot tapi tetep bisa monitoring dari android saya, eh ternyata pas saya cek di pencarian google dengan menulisakan site:kalemaja.com, noticenya tidak ada data yang sesuai dengan hasil pencarian ini, disini saya mulai panik, galabakan nggak karuan.

Kemudian sejenak saya mengehela nafas dan merilexan kembali pikiran saya, dengan dibawa santai bercanda dengan adik kemudian saya diamkan blog selama 2 hari, ya memang pada waktu itu posisi saya lagi pulang dikampug jadi koneksi terbatas dan saya memutuskan untuk memperbaikinya ketika saya pergi ke kota (bandar lampung, lampung).

Saya mulai mencari penyebab dan cara mengatasi sandbox google ini, kemudian saya menemukan caranya namun belum tahu penyebanya dan juga belum saya terapakan, takutnya salah step malah ke banned permanen blog saya, kan ga lucu :v lalu saya langsung teringat kepada master Indri Lidiyawati founder Juragancipir.com yang seminggu sebelum saya terkena sandbox beliau pun mengalami hal serupa dan sudah pulih.

Maka dari itu saya langsung kirim email kepada beliau, menanyakan step yang baik dan benar seperti yang ia lakukan pada blog nya dalam mengatasi sandbox google, kemudian mbak indri membalasnya sangat ramah dengan memberikan 5 step simple yang ia juga terapkan pada blog nya.

Setelah mendapat balasan email yang berisi 5 step cara mengatasi sandbox google, seketika langsung saya terapkan, dengan penuh keyakinan serta harap harap cemas setelah 3 hari melayangkan banding atau permintaan peninjauan ulang terhadap tim google, alhamdulillah tepatnya pukul 13:00 blog saya dapat diakses kembali dan semua artikel sudah kembali muncul di pencarian google dan menduduki peringkat sebagaimana biasanya, bahkan ada lonjakan traffic yang artinya artikel ada yang naik ranking :v

Dari 5 step sederhana yang diberikan oleh master indri lidiyawati tersebutlah saya dapat tersenyum lebar kembali dan saya sangat berterima kasih kepa beliau, karna blog saya sudah pulih kembali, maka dari itu sebagai ucapan terima kasih kepada mbak indri saya menulis artikel ini sekaligus sharing dengan membarikan 5 step mudah tersebut kalo kalo sobat blogger ada juga yang mengalami masalah deindex google.

Lalu apasih 5 step cara mengatasi sandbox google tersebut? sebelum saya menjawab pertanyaan saya, (kan ngaco nanya sendiri jawab sendiri :v) saya akan memberikan 5 kiat juga, sebelum mengatasi masalah sandbox google versi saya pribadi berikut kiat sederhananya.

5 Kiat Sebelum Mengatasi Sandbox Google

  1. Jangan panik.
  2. Bawa rilex aja (kalemajabro)
  3. Jangan langsung nangis atau ngelamun ya :v
  4. Cari cara yang paling efektif mengatasi sandbox, bila perlu tanya kepada blogger yang pernah mengalami hal serupa.
  5. Lakukan step by step cara mengatasi sandbox yang telah diberikan oleh si blogger yang sobat mintai saran.

5 kiat dari saya tersebut sebenernya ngaco, tapi lumayan efektif, dibilang ngaco ya karena saya ngaco, blogger ecek ecek kok ngasih kiat kan ngaco :v, intinya 5 kiat tersebut mau di terapkan atau nggak ya terserah sobat, tapi saya sarankan terapin aja deh biar saya seneng :v dan buktinya saya pun berhasil mengendalikan emosi saya dan dampaknya positif yakni lepas dari sanbox. ayeyy

Yuk langsung ke inti 5 cara sederhan mengatasi sanbox google, sudah saya katakan cara ini berdasarkan saran dan pengalaman dari seorang blogger hebat mbk indri sekaligus pengalam saya pribadi yang lepas dari jeratan google sandbox dalm waktu 3 hari, yuk intip langkah langkanya.

5 Cara Menagatasi Sandbox Google dari Mbak Indri Lidyawati

  1. Pertama lepas semua iklan adsense agar tidak dibanned akun GA nya. (kalo blog sudah dipasang iklan Google AdSense)
  2. Cek email pemberitahuan pelanggaran dari Google Webmaster di email atau di search console bagian sub Telusuri Analytic>Tindakan Manual.
  3. Perbaiki blog sesuai pelanggaran yang dijelaskan google melalui email atau search console (kebetulan pelanggaran saya waktu itu adalah gara gara terdeteksi pengalihan seluler tersembunyi yang disebabkan oleh script iklan dari bidvertiser dan saya langsung menghapusnya)
  4. Kemudian Kirim permintaan peninjauan ulang (rekonsiderasi) dengan mengklik tombol link permintaan peninjauan ulang yang dikirim via email atau search console pada bagian tindakan manual, kirim dengan menggunakan bahasa inggris dan berikan alasan secara jujur, ini contoh ketika saya mengajukan permintaan peninjaun ulang.
  5. Tunggu beberapa hari (semingguan) sampai dapat jawaban dari google dan jangan lupa berdoa kepada Tuhan masing masing agar segera keluar dari sandbox.

Seperti perkataan saya yang sudah saya ulang ulangi diatas bahwa setelah saya menerpakan 5 step tersebut dengan baik dan benar alhamdulillah dalam waktu 3 hari saya mendapatkan balasan berupa email penyetujuan terhadap pengajuan banding saya yang artinya blog saya sudah di index google dan dapat di akses kembali, ini screenshot nya.


Jika belajar dari masalah yang saya alami diatas artinya kita jangan sembrono dalam memasukan script apapun itu baik itu script iklan atau script lainnya, karena algoritma google kini sangat rentan dengan hal hal yang mengganggu kenyamanan pengguna sehingga jika hal tersebut di anggap spele maka akan berakibat fatal.

Okelah Berikut share pengalaman saya yang pernah mengalami sanbox google serta step by step cara mengatasinya, dan bagi sobat yang juga mengalami masalah serupa semoga segera segera teratasi, oke sobat mudah mudahan dengan adanya artiekl ini sobat bisa terbantu dalam mengatasi masalah sanbox dan bagi sobat yang nggak terkena sanbox bisa belajar juga dari pengalaman saya mengapa saya bisa terkena sanbox, sekian dan terima kasih, salam blogger.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

Saksikan Video Menarik di Bawah ini: