Tutorial Cara Membuat Email Gmail Baru [Lengkap Dengan Gambar]

Baca Juga:

Cara Daftar Email Gmail Baru Terlengkap - Halo sobat droid, kali ini mimin mau berbagi tutorial buat email gmail baru tanpa ribet, kenapa saya katakan tanpa ribet ya memang membuat email itu sangat mudah dan tidak sesulit yang sobat bayangkan, saat ini penggunaan email sangat diperlukan bagi setiap orang karena email mempermudah kita dalam hal berkirim surat, gambar, maupun dokumen lainnya yang tentunya sangat membantu kita mempercepat pekerjaan kita.

cara daftar buat email gmail

Dahulu sebelum adanya email seseorang ataupun sebuah perusahaan dalam mengirim surat atau dokumen dilakukan secara manual, sehingga perlu waktu lama sampainya surat atu dokumen tersebut kepada orang yang kita tuju, bahkan ada pula suratyang tidak sampai kepada orang yang kita tuju, tentunya hal ini sangat tidak efektif dan efesien sehingga memakan banyak waktu, tenaga dan biaya yang tidak sedikit tentu hal ini sangat merugikan bagi kita selaku pengirim surat.

Dengan adanya email di era saat ini, semua serba praktis dari yang tadinya kita mengirim surat membutuhkan waktu lama, tenaga dan biaya yang tidak sedikit, kini dengan adanya email kita bisa mengirim surat dalam waktu singkat, kita tinggal duduk manis saja sambil menghadap komputer atau smartphone kita, kemudian buka email, lalu kirim suratyang akan kita kirim,

Ajaibnya dalam waktu 1-5 detik email surat langsung sampai kepada orang yang kita tuju, bergantung dari besarnya dokumen yang kita kirim. wah hebat ya dari yang tadinya ngirim surat perlu waktu lama, tenaga dan biaya banyak dengan adanya aplikasi email membuat semua jadi efektif dan efisien. lalu sudahkah sobat memanfaatkan email untuk keperluan sobat?.

Jika sobat ingin merasakan keajaiban email maka segeralah buat akun email sobat sekarang juga, dan tentu gunakan email dengan bijak agar berkah hehe dalam hal ini buat email produk buatan google yaitu Gmail. terus gimana sih buat akun email itu? biasanya ada bayang-bayang yang menghantui kita jika kita sama sekali belum pernah membuat email yaitu takut salah, takut ga bisa, takut anu takut ana takut ini takut itu ah pokoknya gitu deh, hehe maklum saya juga pernah kaya gitu sob.

Tapi tenang aja sob bagi sobat yang saat ini belum tahu cara daftar buat akun email saya akan memberikan tutorial caranya gampang dan ga ribet agar sobat mudah menerapkannya. karena memang blog ini dirancang untuk sobat yang ingin tahu cara daftar buat akun akun baru dengan mudah dalam artikel kali ini cara buat email gmail baru.

Sebelum kita lanjut ke tutorial Cara Buat Email Gmail Baru ada baiknya sobat ketahui berbagi manfaat yang bisa kita peroleh dari satu akun email gmail atau akun google.

Manfaat dan Kegunaan Email

  • Untuk berkirim surat elektronik, gambar dan dokumen dokumen.
  • Untuk buat akun jejaring sosial seperti googlu plus, facebook, twitter dsb.
  • Untuk buat akun aplikasi instant messenger BBM, Line dsb.
  • Untuk buat akun game seperi game clash of clans, line lets get rich dan lainnya.
  • Bisa kita gunakan untuk membuat blogspot/blogger.
  • Untuk login ke google play di android dan appstore/itunes di apple iphone.
  • Bisa digunakan untuk alat pencari uang.
  • untuk login dan buat saluran di youtube.
  • bisa digunakan untuk membuat akun adwords dan akun adsense.
  • bisa digunakan untuk layanan google lainnya seperti google drive dan masih banyak lainnya yang bisa kita manfaatkan dalam satu akun email gmail.


Tentu hal diatas sangat menguntungkan bagi kita, hanya dengan satu akun email gmail kita bisa mengakses berbagai keperluan yang kita butuhkan sehingga kita tidak usah ribet membuat akun email berkali-kali hanya cukup satu kali buat email kita sudah bisa mengakses banyak produk internet.

oke sob, setelah sobat mengetahui beberapa manfaat dan kegunaan email gmail diatas sekarang kita lanjut ke tutorial caranya. oke simak dengan seksama sob tutorial akan saya lengkapi dengan gambar agar sobat tidak linglung nantinya.

Langkah-langkah Buat email baru

1. Silahkan masuk ke google email klik aja ini Daftar Gmail
2. Sobat akan dibawa ke laman seperti gambar berikut.


Penjelasan Setiap Kolom

  • Nama: Masukkan nama depan dan nama belakang sobat.
  • Pilih Nama Pengguna: Masukkan nama alamat email yang sobat inginkan, coba masukkan sesuai nama sobat, jika tidak tersedia tambahkan embel-embel (titik atau angka) contohnya lihat gambar sebelah kanan, karena alamat yang saya masukkan tersedia maka saya bisa langsung lanjut langkah berikutnya, tapi andai saja nama alamat tersebut tersedia maka akan saya ganti embel embel titik atau angka "caradaftarbuatakun.akun@gmail.com" atau "caradaftarbuatakunakun01@gmail.com"
  • Buat sandi: masukkan password/kata sandi sesuai keinginan sobat, usahakan yang sedikit rumit agar akun email sobat tidak rentan terhadap pembajakan.
  • Konfirmasi sandi: silahkan masukkan ulang kata sandi yang sobat masukkan di kolom sebelumnya.
  • Tanggal lahir:  Isi sesuai tahun, bulan dan tanggal lahir sobat.
  • Gender: Pilih sesuai jenis kelamin sobat.
  • Ponsel: silahkan masukkan nomor Ponsel sobat yang aktif, nantinya ini bisa kita gunakan untuk mengaktifkan verifikasi 2 langkah akun gmail. jika sobat 'seumpama' nggak punya no HP abaikan saja kolom tersebut.
  • Alamat Email anda saat ini: jika sobat sudah buat akun email sebelumnya silahkan masukkan saja, gunanya untuk pemulihan akun email sobat jika sobat suatu hari lupa sandi email gmail sobat. tapi jika sobat baru pertama kali buat email, silahkan abaikan saja kolom tersebut.
  •  Buktikan bahwa anda bukan robot: silahkan masukkan kode verifikasi yang tertera di kolom.
  • Lokasi: Pilih lokasi sesuai negara sobat tentunya indonesia dong hehe.
  • Selanjutnya Centang kolom saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privasi google.
  • lalu Klik langkah berikutnya.

3. setelah sobat berhasil melakuan langkah diatas selanjutnya sobat akan dibawa ke halaman berikut. langsung klik aja lanjutkan ke gmail.


4. setelah klik lanjutkan ke gmail sobat akan di bawa ke halaman berikut, langsung aja klik berikutnya dst.


5. Mentoknya sobat dibawa ke halaman ini, langsung aja klik Buka Gmail.


6. Setelah sobat klik Buka Gmail, maka sobat akan di bawa ke halaman berikut, itu artinya sobat sudah berhasil membuat akun email gmail sobat, sebenarnya sobat bisa langsung nulis dan kirim namun ada baiknya sobat melengkapi sepenuhnya agar 100% kan yang ada dalam gambar masih 10% tuh supaya akun sobat berhasil dibuat sepenuhnya yaitu sobat tinggal klik aja icon-icon yang ada lingkarannya, itu yang saya tandai merah untuk gant foto profil dan ganti thema.


7. nih kalo udah klik hasilnya akun email sobat berhasil dibuat sepenuhnya 100% horee.


 8. Sekarang sobat udah berhasil buat email tuh trus cara nulis dan ngirimnya gimana? tenang aja sob ini cara nulis dan ngirim email nya.

Cara Menulis dan Mengirim Email 

1. Pertama sobat tinggal klik aja yang saya kasih lingkaran merah disitu tetera "Tulis" atau kalo bahasa inggris "Compose".



2. silahkan masukkan alamat email yang sobat tuju untuk mengirimkan email berupa konten atau gambar, sobat bisa menulis konten email secara langsung seperti gambar dibawah atau sobat melampirkan dokumen microsoft office (word, exel, power poin dsb) tinggal sobat klik dibagian yang saya beri tanda biru.
  • di bagian yang saya beri tanda panah kuning itu untuk melampirkan google drive.
  • tanda panah hitam sobat bisa melampirkan gambar secara langsung, namun saya sarankan sobat gunakan fungsi lampiran di panah biru. kenapa? karena jika memakai fungsi ini maka foto yang kita kirim akan langsung tampil di bagian input konten sehingga memberatkan dan tidak enak dipandang.
  • tanda bagian panah hijau sobat bisa menambahkan emoji/emoticon kedalam konten yang sobat tulis. 


3. setelah sobat menulis konten atau melampirkan foto dan dokumen, langsung klik aja kirim. Kemudian sobat akan diberi notifikasi cloud/mengambang "Pesan Anda Telah Dikirim. Lihat Pesan". silahkan klik cloud tersebut atau klik di sidebar kiri yang saya beri tanda panah merah untuk cek apakah email sobat sudah benar-benar terkirim.


4. Selesai semua langkah nya tinggal sobat gunakan akun email gmail sesuai dengan keperluan sobat masing-masing pergunakanlah dengan bijak akun email sesuai ketentuan dan kebijakan dari google gmail agar kita dapat terus mengakses akun email kita seumur hidup.

Demikian tutorial cara daftar buat email baru semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat khususnya yang barusan atau akan membuat email gmail, saya menulis artikel ini demi memandu para pemula yang ingin mendaftar membuat email baru sehingga saya berikan secara lengkap agar sobat mudah memahami dan menerapkannya, sekian dan terima kasih selamat membuat email baru jka ingin membuat email lewat Ponsel silahkan baca artikelnya disini

Baca Juga:

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

Saksikan Video Menarik di Bawah ini: