Cara Edit Bahasa COC Menjadi Bahasa Alay

Baca Juga:

Cara Edit Bahasa COC Menjadi Bahasa Alay - jika sobat seorang gamers smartphone khususnya di perangkat android pasti sobat sangat kenal dengan game clash of clans, memang game ini sangat begitu populer di semua kalangan para gamers smartphone android dan iOS.

Karena memang game coc menyajikan mood yang asyik dan menyajikan banyak fitur yang membuat para pemainnya tidak bosan bosan untuk memainkannya, game yang bergenre strategi ini menuai sukses besar sejak pertama kemunculannya ditahun 2012 adapun pengembang game ini adalah Supercell yang beralamat di finlandia.


Salah satu fitur yang disuguhkan oleh supercell adalah kita bisa mengganti bahasa coc ke berbagai bahasa namun tidak semu bahasa, hanya bahasa-bahasa tertentu saja yang support dalam game ini, bahasa indonesia pun belum tersedia dalam game ini, tapi ada upaya yang bisa kita lakukan untuk membuat game ini agar bisa menggunakan bahasa indonesia dan bahkan bahasa-bahasa daerah di indonesia seperti bahasa sunda dan jawa.

Pada kesempatan kali ini saya akan meberikan tips tutorial cara Edit Bahasa COC Menjadi Bahasa Alay, mungkin ini terdengar menggelikan apakan bisa bahasa coc di ubah menjadi bahasa alay? tentu saja bisa, sobat hanya perlu menerapkan langkah-langkah sederhana berikut ini. oke baiklah simak langkah-langkahnya dan terapkan caranya.

Sayarat Utama 

Pastikan Android sobat sudah dalam posisi ter root, jika sudah di root lanjut ke step berikutnya, download file-file berikut.

Tools Untuk edit di PC Komputer

1. Download dan install Notepad++
2. Download file texts.csv zip


Tools untuk edit di Android

1. Download Jota+
2. Download RAR untuk ekstrak file csv di android.
3. Download Root Browser
4. Download File texts.csv
Tutorial cara editnya silahkan lihat disini
Setelah sobat download dan install semu file tersebut, sekarang saatnya sobat mulai meng edit texts csv nya, menjadi bahasa yang sobat inginkan dalam hal ini bahasa alay, berikut langkah-langkahnya.

1. Ekstrak file csv tadi di PC komputer sobat,
2. lalu buka file csv yang sudah sobat ekstrak menggunakan notepad++
3. gunakan fungsi ctrl+f pada notepad++ guna mempermudah pencarian teks yang akan sobat edit.
4. masukan kata yang ingin sobat ubah di kolom Find What lalu tekan enter.

Sebagai contoh sobat ingin merubah nama "Town Hall" menjadi Rumah . maka sobat tinggal mengetikkan TOWN_HALL di kolom tadi dan pilih Find All In Current Document nanti akan muncul Find Result 12 hits. Masing-masing nama akan merubah sesuai keterangan yang tertulis disitu. Nah tinggal pilih yang akan sobat rubah, untuk merubah nama Town Hall ketika kita sentuh maka ganti kode berikut.
TID_BUILDING_TOWN_HALL, Town HallMenjadi TID_BUILDING_TOWN_HALL, Rumah
Atau contoh lain sobat ingin merubah nama "Giant" menjadi "Buto Ijo", maka masukan GIANT di kolom search dan akan keluar 18 Hits. Pilih kata mana yang akan sobat rubah lalu ubah kode berikut.
TID_GIANT, GiantMenjadi TID_GIANT, Buto Ijo
5. Jika sudah, simpan file yang telah sobat edit tadi kemudian rename menjadi texts.csv.
6. Sekarang masukkan file teks editantersebut ke Android sobat, sobat bisa menggunakan kabel data/USB agar lebih mudah.
7. jika file csv tadi sudah sobat ipindahkan ke Android, sekarang saatnya menggunakan fungsi android yang sudah di root tadi.

  • Buka File manager di Android sobat atau gunakan aplikasi root browser yang sobat download tadi.
  • lalu masuk dan paste kan/move texts.csv nya ke direktori ini.
  • root/data/data/com.supercell.clashofclans/update/csv/paste disini

8. lalu buka menu setting>aplikasi>clash of clans/paksa berhenti
9. setelah itu buka dan mainkan coc sobat lihat perubahannya.
10. cara edit di Android pun tidak jauh berbeda dengan cara edit di PC komputer, namun agar sobat lebih leluasa dan mudah lebih baik edit di PC komputer.

Demikian tutorial cara mengubah mengedit bahasa coc menjadi bahasa alay, jika sobat melakukan langkah-langkah diatas dengan benar maka kemungkinan besar bahasa coc sobat agan berubah sesuai bahasa yang sobat inginkan dalam hal ini bahasa alay, sekian selamat mencoba dan semoga berhasil.

Tags COC bahasa alay, cara mengubah merubah coc menjadi bahasa alay, cara mengganti coc menjadi bahasa alay, cara edit coc ke bahasa alay, cara agar coc menjadi bahasa alay.

NB: Jika Kamu Suka dan merasa Artikel ini bermanfaat silahkan SHARE Artikel ini ke akun sosial media kamu, dengan cara menekan tombol SHARE dibawah.. Terima Kasih ^^

- Bagikan Artikel -

Saksikan Video Menarik di Bawah ini: